MEMBUAT SCRAPBOOK: AWAL MEMBUAT SCRAPBOOK (FAQ)

8/06/2014 01:55:00 PM


frequently asked questions; kali ini saya akan membahas beberapa hal yang sering ditanyakan teman-teman. biasanya teman-teman bertanya via e-mail, Twitter, Instagram bahkan via Line pribadi saya. kebanyakan pertanyaannya sama berkisar penggunaan kertas, macam scrapbook dan lain-lain oleh karena itu saya akan membahas sekitar hal basic untuk membuat scrapbook. semoga membantu.


Macam-macam scrapbook. scrapbook yang dijilid soft cover atau hard cover (1) adapula scrapbook yang dibuat seperti alat musik akordion (2) kemudian scrapbook yang dijilid ring (3) serta scrabook yang menggunakan ring

  • hard cover biasanya digunakan untuk sampul buku yang jumlah halamannya banyak, digunakan untuk kamus, skripsi, tesis, disertasi. jika mau scrapbook yang di-hard cover syarat halaman kurang-lebih 100halaman. 
  • soft cover biasanya ditemui disampul buku pelajaran anak sekolah, atau buku yang saya fotokopi dan halamannya tidak terlalu tebal. dibawah 100 halaman. 
BAGAIMANA MEMBUAT SCRAPBOOK DENGAN HARD /SOFT COVER?
    - 1. siapkan kertas yang akan digunakan untuk scrapbook. (kertas apa yang bisa gunakan untuk membuat scrapbook ini? lihat kebawah untuk penjelasan lainnya) 
    - 2. setelah menyiapkan kertas maka kita menggunakan jasa penjilidan yang dapat ditemui tukang fotokopi, tidak semua menyediakan jasa ini namun kalau mencari tukang fotokopi sekitar daerah kampus pasti banyak.
    - 3. kemudian kita menyerahkan kertas yang dibawa. kertas yang mau digunakan harus memiliki ukuran yang sama serta masih polos/kosong/belum digunakan untuk membuat scrapbook. 
    - 4. lalu bilang kepada tukang bahwa kalian ingin kertas tersebut ingin dijilid hard/soft cover.
    - 5. JIKA dijilid soft cover biasanya pilihan covernya polos. tinggal bilang kalau kalian ingin cover warna apa. contoh yang saya buat waktu itu warna hitam.
    - 6. JIKA dijilid hard cover biasanya kalian bisa bawa sendiri cover apa untuk scrapbooknya. sampul depan bisa kalian beli di toko peralatan scrapbook atau dengan kertas kado pun memungkinkan.


scrapbook yang halamannya seperti alat musik akordion ini memiliki keuntungan tersendiri. pertama dapan dibuat sendiri dan menghemat waktu membuat scrapbook. scrapbook akordion ini biasanya memiliki jumlah halaman yang sedikit. contohnya, jika halaman depannya ada 4, maka halaman belakangnya ada 6. jika 6, maka belakangnya 8 dst... dan sejujurnya ini salah satu scrapbook andalan yang sering saya buat :D

BAGAIMANA MEMBUAT SCRAPBOOK AKORDION?
   - saya sendiri sudah pernah membuat tutorial bagaimana membuat scrapbook akordion ini. kalian tinggal klik ini .

KERTAS APA YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBUATSCRAPBOOK AKORDION? 
   - karton. biasa karton hitam, putih terserah selera teman-teman atau alternatif lainnya adalah kertas samson. 


pertama kali saya membuat scrapbook, saya menggunakan jilid ring karena tukang fotokopi yang dekat rumah saya ada jasa penjilidan yang menggunakan ring besi. jilid ring ini biasanya ditemukan di kalender, notebook atau agenda.

BAGAIMANA MEMBUAT SCRAPBOOK DENGAN JILID RING?
    - 1. siapkan kertas yang akan digunakan untuk scrapbook. (kertas apa yang bisa gunakan untuk membuat scrapbook ini? lihat kebawah untuk penjelasan lainnya) 
    - 2. setelah menyiapkan kertas maka kita menggunakan jasa penjilidan yang dapat ditemui tukang fotokopi, tidak semua menyediakan jasa ini namun kalau mencari tukang fotokopi sekitar daerah kampus pasti banyak.
    - 3. kemudian kita menyerahkan kertas yang dibawa. kertas yang mau digunakan harus memiliki ukuran yang sama serta masih polos/kosong/belum digunakan untuk membuat scrapbook. 
    - 4. lalu bilang kepada tukang bahwa kalian ingin kertas tersebut ingin dijilid ring, biasanya ada macam-macam pilihan ring. kalian bisa pilih sesuai keingininan.
    -5. COVER? berbeda dengan soft/hard cover. JIKA INGIN MENGGUNAKAN JILID RING teman-teman harus menyiapkan cover sendiri. bisa dibuat dulu atau menggunakan kertas kado atau lain-lainnya.

ini scrapbook yang pernah saya buat dengan jilid ring


ring atau cincin. saya belum pernah membuat scrapbook yang menggunakan ring tapi saya pernah dibuatkan scrapbook oleh teman-teman saya dengan menggunakan ring ini. saya sendiri pernah posting tentang scrapbook yang menggunakan ring (lihat disini) . sama seperti scrapbook akordion, scrapbook yang menggunakan ring bisa dibuat sendiri dan praktis. ring ini dapat dibuka-tutup dan memiliki ukuran bermacam-macam. jika ring memiliki ukuran kecil maka jumlah halaman bisa sedikit namun jika ring memiliki ukuran yang agak besar maka jumlah halaman harus banyak. 

BAGAIMANA MEMBUAT SCRAPBOOK DENGAN RING?
    - 1. siapkan kertas, bisa menggunakan berbagai kertas atau karton
    - 2. setelah menyiapkan kertas maka kita menggunakan punch holder atau yang biasa disebut alat pembolong kertas. kita bisa atur sendiri dimana bolong yang akan dibuat.
     - 3. setelah bolong, maka kita memasang ring nya.


KERTAS APA SAJA YANG BISA DIGUNAKAN UNTUK SCRAPBOOK?
   -  Kertas yang bisa digunakan bermacam-bermacam. kalian bisa menggunakan
  • kertas hvs/ kertas spektra
  • karton & kertas samson
  • kertas concorde
  • kertas dari buku kotak-kotak
  • karton duplek

- dimana kita bisa temukan? kalian bisa beli diberbagai toko buku. kertas spektra adalah kertas hvs ukuran A4 yang memiliki bermacam-macam warna dari hitam, abu-abu, warna pastel bahkan warna stabilo pun ada.
- untuk scrapbook apa? bisa digunakan untuk membuat scrapbook dengan jilid ring, dengan ring, atau dibuat dengan hard/soft cover. TIDAK BISA UNTUK SCRAPBOOK AKORDION

dimana kita bisa temukan? berbagai toko buku atau ATK. namun kertas samson saya beli di Gramedia.
apa itu kertas samson? kertas yang biasa digunakan untuk amplop coklat, tas untuk belanjaan (bisa digoogle)
untuk scrapbook apa? bisa digunakan untuk semua scrapbook.

jika mengunnakan kertas spektra lebih mudah karena ukurannya sudah sama semua yakni A4, makan jika menggunakan karton/kertas samson harus diukur terlebih dahulu.

dimana kita bisa temukan? dapat dibeli di toko buku / toko ATK
apa kertas concorde itu? sekilas seperti spektra namun memiliki teksur berbeda dan lebih tebal daripada kertas biasa. concorde kerap digunakan untuk sertifikat. pada postingan sebelumknya saya kerap menyebutnya dengan kertas cover.
digunakan apa dalam scrapbook? jika kalian membuat cover depan/belakang scrapbook sendiri maka untuk halaman belakangnya kalian bisa menggunakan kertas concorde. namun kertas ini pun bisa digunakan untuk scrapbook yang dijilid ring atau dengan ring.  tidak bisa untuk scrapbook yang dijilid dengan soft/hard cover karena terlalu tebal.


dimana kita bisa temukan? dapat dibeli di toko buku / toko ATK
untuk scrapbook apa? bisa digunakan untuk semua kecuali scrapbook akordion. pertama-tama kertas dipotong sesuai ukuran yang ingin dibuat namun kebih mudah jika dibuat A5. agar rapih bisa meminta jasa tukang fotokopi untuk memotong kertasnya agar rapih.



dimana kita bisa temukan? dapat dibeli di toko buku / toko ATK . biasanya jika dibeli ukurannya besar-besar. maka jika ingin digunakan harus dipotong terlebih dahulu.
untuk scrapbook apa? biasanya digunakan untuk membuat cover scrapbook. namun karton duplek ini dapat digunakan untuk membuat scrapbook ring.


kertas origami adalah salah satu aspek untuk membuat scrapbook bagi saya. untuk menulis atau menghias foto sebagai bingkai. saya sendiri membeli kertas lipat anjana origami paper di Toko ATK Singgalang, Bandung. pernah sekali saya lihat di Gramedia. 



kertas kado bisa digunakan untuk sampul scrapbook atau menghias isi scrapbook. 


ini dia kesukaan saya, paper block. saya dapat dari omah saya yang tinggal di Belanda. ketika berkunjung beliau membawakan ini. serta jika dilihat 2 foto diatas foto paper block itu adalah karton yang dicetak dengan suatu alat pencetak yang mirip alat pembolong kertas.  jika alatnya dibeli Indonesia saya rasa dapat mencapai jutaan, karena saya pernah lihat di salah satu toko scrapbook alatnya lebih kecil daripada yang punya oma saya, harganya mencapai ratusan ribu .. hiks mahal :(



Patron Carton adalah karton yang dicetak dengan patron-patron tertentu. serta yang sebelah kiri adalah notebook yang halamannya lucu sekali. notebook ini seperti kertas surat, bisa digunakan untuk mengisi scrapbook untuk mengisi kolom tulisan. yang notebook ini bisa dibeli ditoko ATK

Sampul plastik saya gunakan untuk menyampul scrapbbok. ada dua yang pertama yang dove-emboss atau yang mika. dapat dibeli toko-toko ATK


kancing serta paper clip. jika ingin menggunakan kancing / paper clip maka sebaiknya menggunakan lem uhu


saya rajin membeli majalah bekas (karena lebih murah) yang saya gunting gambar-gambarnya untuk mendukung isi scrapbook saya :)

1. Double tip , scotch double tape
2. Lem Fox / Lem Uhu
3. Gunting
4. Kawat
5. Selotip motif 


6. Pita
7. Benang wol
8. Pita
9. Stik es krim


1. APAKAH SAYA MENERIMA PESANAN MEMBUAT SCRAPBOOK?
    TIDAK. saya tidak menerima pesanan membuat scrapbook. walaupun saya menulis tentang scrapbook tapi hanya untuk membantu teman-teman yang ingin membuat scrapbook dan menyalurkan hobi saya juga. saya sendiri sudah bekerja, otomatis tidak punya waktu untuk membuat scrapbook apalagi pesanan. toh scrapbook yang dibuat sendiri nilainya lebih bermakna ketimbang dibuat oleh orang lain :D

2. PERATALATAN UNTUK MEMBUAT SCRAPBOOK BELI DIMANA?
    - Untuk peralan simpel seperti origami, kertas kado dll dapat dibeli di Gramedia atau yang berdomisili Bandung dapat ke Toko Buku & ATK Singgalang (ps: ini toko favorit saya)

    - Selain itu kalian dapat ke tempat berikut untuk mendukung pembuatan scrapbook kalian :
  • Scrapmania
  • My Scrapbook Ideas
  • Paper Studio
  • Naps Scrapbooking
  • Made With Love
3. BAGAIMANA MENCETAK FOTO, BAGAIMANA CETAK DI KERTAS?
    - meskipun sehari-hari saya kuliah/kerja di Jakarta namun untuk masalah foto saya selalu cetak di Bandung, BEC. jika teman-teman ingin mencetah foto sendiri dengan kertas tidak masalah namun kualitas juga akan berbeda. atau jika ingin bisa cetak gambar/foto di percetakan yang banyak saya lihat di pinggiran jalan margonda, Depok. 

4. JIKA INGIN MEMBUAT POP UP CARD, SCRAPBOOK APA YANG DIGUNAKAN?
    - Scrapbook akordion atau scrapbook soft/hard cover. sisanya sulit dan susah dibuat bangun gambarnya saat halamannya dibuka. 

Semoga FAQ ini membantu teman-teman jika kurang mengerti dan bingung saat mebuat scrapbook. sehingga saya harap teman-teman membaca ini terlebih dahulu sebelum bertanya kepada saya. jika memiliki pertanyaan diluar ini boleh betanya via email saya. terima kasih :)

MARI MEMBUAT SCRAPBOOK!!

You Might Also Like

22 comments

  1. Berguna sekali informasinya kak. Thanks yaa ;) Kalau boleh nanya, kakak tau gak online shop yang menjual peralatan dan hiasan scrapbook? Terima kasih kak sebelumnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi. ga pernah beli online saya :) ada atau tidaknya saya belum pernah cari tahu jadi saya kurang tahu

      Delete
  2. Thanks kak!
    berguna bgt buat yg mau belajar bikin :)

    ReplyDelete
  3. ah sungguh keren, ini yg dia sumber yg cocok utk belajar

    makasih-makasih inspirasi kerennya, semoga slalu produktif aktif bagi-bagi ilmunya

    ReplyDelete
  4. Ini di daerah mana ya kalo boleh tau...?

    ReplyDelete
  5. Nice banget dan lengkap penjelasannya.. Tengkyu :D

    ReplyDelete
  6. wooh, mantap~ salam kenal dari leather art craft @cavcraft
    www.carikavasa.com

    ReplyDelete
  7. Ini di daerah mana? Adakah kontak yang bisa saya hubungi?

    ReplyDelete
  8. toko bahan scrapbook daerah bogor depok dimana ya ? si ekalokasari udah ga ada

    ReplyDelete
  9. Mba, yg ring tuh biasanya jual di mana ya?

    ReplyDelete
  10. wawwwwww :3 Penjelasannya bagus banget :) berguna banget buat yang mau coba coba bikin scrapbook ;* makasih kak ilmunya :)

    ReplyDelete
  11. webnya ada bug min navbarnya ga fixed di atas
    mksh

    ReplyDelete
  12. gua setuju banget dah gan !! sama omongan orang orang tu atas emang keren banget penjelasanya.gua tunggu lagi yak postingan lainya

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Makasih kak infonya berguna banget.. Pengen beli jadi cuman harganya mahall. Pengen bikin sendiri aja sapa tau jadi((:

    ReplyDelete
  15. Terima kasih kak,infonya sangat bermanfaat😊

    ReplyDelete
  16. Membantu sekali kak, thx thx 😄

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah.. Jazakillah Khair kak

    ReplyDelete
  18. Kini Agen Judi Online Bolavita Menyediakan Segala Jenis Transaksi Deposit & Withdraw Menggunakan Dompet Digital (E-wallet) yang ada di Indonesia.

    Tersedia Judi Online Deposit Pakai Linkaja, Ovo, Dana, Sakuku. Gopay. Selain Menyediakan Judi Online Deposit Via Pulsa dan Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia.

    Bolavita Menyediakan Judi Online Yang Cukup Lengkap. Antara Lain Adalah :
    • Judi Sabung Ayam Live
    • Judi Casino Live
    • Judi Bola / Sportsbook
    • Judi Slot Online
    • Judi Bola Tangkas
    • Judi Poker Online
    • Judi Domino
    • Judi Ceme / Capsa Susun
    • Judi Tembak Ikan Online
    • Judi Togel Online

    Promo Bonus :

    » Bonus Deposit Pertama 10%
    » Bonus Deposit Harian 5%
    » Bonus Cashback Mingguan 5% - 10%
    » Bonus Rollingan Mingguan 0.8%
    » Bonus Referral 7% + 2%

    Daftar & Klaim Bonusnya Sekarang Juga !
    Kontak Resmi (Online 24 Jam Setiap Hari) :

    » Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  19. Terimakasih banyak kak informasinya, sangat bermanfaat 🙏🏻

    ReplyDelete

Subscribe