Membuat Scrapbook : A special Scrapbook for my lovely sister

2/01/2018 05:11:00 PM

 

Hai pembaca Scrapterra! I am so happy akhirnya bisa membuat dan menyelesaikan scrapbook (lagi), I mean a truly scrapbook. Scrapbook yang saya buat kali ini adalah scrapbook untuk kakak saya, anak pertama dari lima bersaudara. Scrapbook yang kalau dibuat dengan fokus – alat yang memadai pasti akan cepat selesai. Untuk pembuatan scrapbook ini saya lebih banyak design di Photoshop untuk hampir semua fitur. Tapi jangan khawatir design yang saya buat ini sederhana sekali kok, gampang buat dibuat.



·    Bagian depan saya buat cover yang simple yet touching hihi. Ini bukan tempelan tapi saya buat di Photoshop jadi tinggal print. Sedangkan untuk belakangnya saya menggunakan konsep ‘senada’ saya mengumpulkan dengan mengunduh beberapa foto dari google yang warnanya senada dengan foto kakak saya. Tadinya saya mau cover belakang jadi di bagian depan tapi setelah dipikir-pikir saya memtuskan bahwa bagian tulisan menjadi cover depan dan bagian foto menjadi cover belakang.

Cover Scrapbook dengan tema : Gray-Blue

Hal pertama yang harus kalian lakukan jika ingin membuat scrapbook adalah membuat konsep. Saya saja waktu membuat ini bisa seharian loh! Karena kalau tidak konsep pasti akan kebingunan pada proses pembuatannya. Untuk scrapbook ini saya membuat konsep : 2 halaman 1 warna.  Kira-kira seperti ini waktu saya membuat konsepnya (konsep yang saya buat waktu itu dibuat entah hilang kemana … zzzzz )


·    Setelah membuat konsep seperti ini, kemudian saya mulai mencari background. Untuk background saya cari di google juga. Setelah dikumpulkan saya edit dengan photoscape agar gambar menjadi ukuran A4/A4 dan saya rename sesuai dengan nama halaman. Nah, mari kita lihat langsung bagaimana isi dari scrapbooknya! 


Untuk halaman ini disebelah kiri tulisannya hampir sama seperti di cover depan, sebelah kanan ada foto portrait kakak saya. Saya hias dengan arti nama dia ( bisa juga diganti dengan quote) dan tentu saja hiasan bunga-bunga. 


Bagian halaman 4 saya hias dengan waterfall card! Bagaimana membuatnya nanti saya akan buat tutorialnya di scrapterra. Sesungguhnya pertama kali saya melihat waterfall card waktu omah saya mengirim kartu – surat. Waktu itu saya belom tahu kalau itu namanya waterfall card.  Sedangkan halaman 5 saya temple foto keluarga lengkap – ini foto edisi lebaran.


Bagaimana tampilan Waterfall card itu sendiri teman-teman bisa lihat video diatas, sebenarnya saya gugup sekali waktu upload video. Wah untuk pertama kalinya saya menggunakan fitur video agar pembaca Scrapterra bisa lihat bagaimana waterfall card itu sendiri secara jelas :D Semua video yang ada di tulisan ini saya upload di Youtube akun saya. 



Yang ini memakan waktu cukup lama, kita bahas halaman 7 dulu ya! Untuk ini saya siapkan bagian kartu ucapan ulang tahun dan beberapa accordion card. 


Untuk Acordion card, bagian atas saya buat untuk kumpulan foto-foto saya dengan kakak saya, dari saya masih kecil sampe dengan umur dewasa ini hehe … covernya juga saya buat dulu dengan menaruh quotes. Disebelah kirinya saya buat dengan ‘kamus bahasa’ –maklum saya dulu anak sastra- kumpulan arti dari sister berbagai bahasa.


Bagian bawahnya saya buat accordion card dengan berbagai gambar yang mewakili kami, misalkan :

  • Cover saya memakai stok gambar flower PNG yang ternyata lucu.
  • Inisial nama depan kami : Chandra dan Vera
  • I found a funny quote about eldest and middle child, so i thought “hey this is so catchy if i put in my scrapbook.” And voilaaa!
  • Tahun kelahiran kami
  • Lambang zodiak : Gemini dan Capricorn
  • Nah di keluarga kami, mereka tahu kalau saya adalah fans berat stitch dan kakak saya suka banget sama Bugs Bunny. 
Sayangnya kesalahan fatal saat membuat ini adalah saya membuatnya genap : 6 halaman. Next time untuk membuat ini harus ganjil sehingga bisa ditempel. Saya terpaksa menempel dengan gambar lain karena kalo tidak bagian stitch-bugs bunny harus tertempel di atas kertas.

A sister is both your mirror and your opposite



Untuk kartu ucapan, saya buat sendiri. Di dalammnya baru saya tulis lagi dengan tulisan tangan. Kalau teman-teman tidak sempat, bisa juga membuat surat seperti biasa atau membeli kartu ucapan di toko-toko buku terdekat.



Disini saya membuat waterfall card lagi namun edisi foto keluarga kakak saya dan sebelah kanannya saya buat lagi “kamus bahasa” tentang keluarga namun ukurannya cukup besar.




Kumpulan foto kakak saya dengan keluarga lagi dan bersama mama juga, dihias dengan berbagai bunga. Untuk pengumpulan foto saya meminta bantuan kakak ipar saya.


Yang ini kalau foto ditarik maka akan ada foto juga yang muncul , seperti peek a boo! Namun saya agak gagal membuat ini jadi ini kurang rapih, sayang sekali loh – jadi saya agak kecewa di bagian ini.


Yang ini juga salah satu kesukaan saya dan ini beneran ide terbaru saya karena stuck mau diapain foto-foto saya dan kakak-adik perempuan saya. Bentuk pop up foto yang simple dan gampang banget buat dibuat asal kita buat amplopnya juga menarik hihi. 


Ini corner khusus kakak saya dan suaminya, pacaran dari kuliah sudah 7tahun sampai sekarang nikah mau berjalan 16 tahun wow. Kertas doily atau doily paper – kertas yang biasa digunakan untuk alas toples kue kering – sangat bagus untuk digunakan di scrapbook loh! Biasanya memang berwarna putih tapi jika ingin berwarna bisa kalian warnai dengan cat air . 



·    Saya membuat pop up flag  “happy birthday” untuk bendera saya sendiri membuatnya dari karton concorde yang diwarnai dengan cat air. Untuk bendera kecil-kecilnya saya membuatnya dari kertas post it bermotif. Belakang saya gunakan doily paper dan bunga-bunga. 


Seperti ini jika berdiri! Happy birthday my sister!


Saya pribadi sangat senang karena mulai produktif lagi untuk mengurusi blog ini! Semoga saya semakin produktif di Scrapterra. Ini blog pertama buat keluarga saya, my mom really envy my sister karena mama juga mau dapat scrapbook dari saya hehe semoga saya juga tahun ini bisa membuat scrapbook untuk mama.

my sister with her scrapbook. she was genuine happy with her present hihi ik ben een beetje trots op mijn zelf :p 

MARI MEMBUAT SCRAPBOOK!
XXX

You Might Also Like

2 comments

  1. Hey,aku suka sm blognya. Aku waktu SMA jd suja bikin scrapbook juga loh dan awal belajar bikinnya ya di blog ini. Hehe mau belajar supaya blog laku juga dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! terima kasih sebelumnya. Kalau soal laku, saya juga ga tahu kenapa. mungkin kalau kita rajin menulis dan punya tema blog yang konsisten mungkin bisa membantu...

      Delete

Subscribe