Membuat Scrapbook: Menghias Foto - White Frames

7/17/2017 09:28:00 AM


Hai semuanya. Finally, saya nulis lagi di Scrapterra setelah hiatus berapa lama ya.. hmm hampir setahun lebih sepertinya. Banyak aktifitas kerjaan yang menyita waktu sampai kalau ada waktu luang dipakai buat tidur saking capeknya. Ga berani sekedar buat buka blog karena saking sedihnya sudah lama ga tulis tutorial lagi. Anyway how are you guys? 
This time saya akan menuliskan tutorial tentang white frame. white frame? iya bingkai putih. FYI saya membuat ini dari setahun lalu, foto sudah diedit tapi pas mau upload di Scrapterra ga ada waktu (dan ga ada koneksi internet cepat) that's why model yang saya gunakan kali ini adalah Lee Jong Hyun CNBLUE dan Gong Seung Yeon dari Variety Show We Got Married. They are still one of my favorite couple from WGM . Ide white frame ini saya dapat waktu lagi ke IKEA alam sutera , saya lihat mereka memasang berbagai bingkai foto putih di tembok, berbagai ukuran. Saya pikir mungkin ini ide bagus buat diterapkan di scrapbook. Salah satu ide untuk menghias foto  di halaman scrapbook dengan menggunakan bingkai putih. Sederhana tapi terlihat cantik 

Seperti ini kira-kira ilustrasinya. credit: Google
Sebelum saya membuat tutorial ini saya terlebih dahulu mengunduh berbagai frame foto dalam bentuk PNG kemudian diedit dengan Adobe Photoshop supaya berwana putih. Jadi teman-teman sekalian bisa menggunduh frame putih di bawah ini!
PS: ukuran file white frame ini memang agak besar karena kalau diprint jadi tidak pecah.

Frame yang pertama untuk foto yang akan dicetak agak besar, sedangkan dibawah untuk foto yang ukurannya mungkin 2R.Tips saya: print dengan ukuran kertas A3!




Ini hasil bingkai putih yang sudah saya print, saya print dengan menggunakan kertas concorde supaya tebal dan foto yang akan dipasang dibelakang white frame. Tips saya gunakan foto yang zoom out karena ukuran foto akan mengecil saat ditempel white frame.



What do you need
Gunting & Cutter
lem uhu
telenan kayu


STEP 1
Gunting frame setelah di print. Untuk bagian putih bagian tengah saya potong dengan cutter. Maka hasilnya akan seperti dibawah ini


STEP 2
Menempel foto dengan bingkai



  1. Ukurterlebih dahulu foto dengan frame. walapun foto dan bingkai sama-sama dicetak dengan ukuran 2R tapi tetap saja bingkai akan terlihat lebih kecil daripada foto.
  2. Setelah diukur maka beri lem dibagian belakang bingkai foto. lalu tempel
  3. Gunting sisa foto yang tersisan
  4. Bingkai dan foto sudah tertempel




Ini hasilnya setelah foto dan bingkai ditempel. Saya membuat berbagai ukuran, dari 2R sampai ada A6. Tergantung kebutuhan mau cetak & tempel yang mana 



ditempel di Scrapbook dengan bermacam-macam posisi, dari Landscape sampai Portrait. Bisi dihias juga dengan ornamen lainnya tapi sebaiknya dihias dengan ornamen yang senada, sama warnanya dengan putih. Bisa juga dituliskan caption / cerita dibalik foto tersebut.



Sewaktu membuat ini, disekitar rumah saya tumbuh tanaman ini, tanaman liar. Saya suka sekali dengan bunga ini sampai (merasa bersalah) saya petik dan gunakan untuk tutorial scrapbook kali ini. Senang sekali bisa tulis lagi di Scrapterra. Semoga tulisan saya di tahun ini bisa bertambah!
aamiin

MARI MEMBUAT SCRAPBOOK!
XXX

You Might Also Like

0 comments

Subscribe