membuat scrapbook: menghias foto - full size photo A5 - A4

8/12/2015 08:05:00 PM



Ciao! kembali ke postingan tentang bagaimana menghias foto untuk di scrapbook. Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat foto full size ukuran kertas A5 atau A4 juga. Biasanya kertas scrapbook yang digunakan ukuran kertasnya A5/A4 , trik ini bagus untuk menghias scrapbook yang ingin dikasih ke para pria karena simple! trik ini pun saya gunakan saat buat scrapbook untuk pacar saya

Ini beberapa contoh yang pernah saya buat dan diprint kemudian ditempel di scrapbook




Untuk membuat ini kita butuh program Photoscape dan Adobe Photoshop

STEP 1. Buka program Photoscape - Editor ( jangan lupa Drag foto ke photoscape ) - pilih Crop


STEP 2. Klik Crop Freely - Pilih A,B,C Series (A4, B4, C4 Ratio)


STEP 3. Crop Foto



(1) Perhatikan zoom preview-nya, ukuran foto yang saya gunakan sizenya terlalu besar maka dari itu saya akan mengecilkan size foto

(2) STEP 4 Klik Resize - Reduce the longer length: 1000px
lakukan selama 8 kali ( foto yang digunakan bisa 2 / 4 / 8 )


STEP 5 Klik Combine


STEP 6 Drag/tarik foto yang akan 'di-combine' ke Combine Photoscape


STEP 7 perkecil preview zoom menjadi 10% (kira-kira saja, supaya jelas melihat hasil foto)


STEP 8 jika susunan foto tidak sesuai, bisa ditarik ke posisi yang diinginkan


STEP 9 perhatikan 'outer margin' , 'interval of photos' dan 'round' semua posisinya harus berada di angka '0'


STEP 10 klik Save!


STEP 11. Buka Adobe Photoshop - File - New - Preset: Internasional Paper - Size: A5 ( Bisa pilih A3 / A4 / A5 )


STEP 12 Klik File - Place - pilih foto yang dibuat tadi



STEP 13 foto akan langsung sesuai ukuran A5, bisa diatur lagi sesuai keinginan

 

STEP 14. Klik File - Save / Save as


Ini hasil fotonya


Saya suka menggunakan trik ini karena cepat dan tidak ribet apalagi kalau dipepet waktu, bisa langsung print tinggal diprint aja di percetakan. kalau cetak di studio foto, mungkin harganya akan mahal lebih baik print di percetakan aja

MARI MEMBUAT SCRAPBOOK!
xxx

You Might Also Like

0 comments

Subscribe