Membuat scrapbook: scrapbook ulang tahun Abi

10/23/2014 03:37:00 PM


hoi allemaal.. kali ini saya akan share tentang scrapbook yang saya buat kemarin. scrapbook ini salah satu hadiah ulang tahun yang saya kasih untuk Abi. Sejauh ini, ini adalah scrapbook paling bagus-cepet-termasuk simpel. scrapbook ulang tahun buat pacar hehehe *blushing*
waktu pembuatannya sekitar 2bulan, saya cicil setiap habis pulang kerja. pengerjaan buku nya sendiri hanya 2minggu, sisanya persiapan pengumpulan bahan buat isi scrapbook..


ini adalah cover depan dan belakang, sebelah kiri adalah cover belakang dan kanan adalah cover depan. covernya saya buat sendiri. cara membuatnya pun pernah saya bahas di tutorial sebelumnya yakni Cover Scrapbook. cuman bedanya scrapbook yang saya gunakan ukurannya adalah A5. secara singkat ini spesifikasi scrapbook :
  • kertas: kertas yang digunakan adalah karton samson, karton hitam
  • cover: karton duplek
  • segitiga terbuat dari kertas origami dan potongan gambar-gambar dari majalah
  • menggunakan sampul plastik
  • jenis: scrapbook dengan ring


begitu buka scrapbooknya, ini adalah halaman-halaman pembuka.
  1. halaman pertama: 'this book belongs to' menunjukan kepemilikan buku yang disertasi juga dengan foto-foto Abi dari foto masih 'muda' sampai foto yang sekarang.
  2. halaman kedua: poster 'keep calm and surprise me 23!!' semacam kata pengantar untuk awal kehidupan di umur 23 yang baru. kejutan buat dia di umur baru
  3. halaman ketiga: poster ucapan ulang tahun Abi dalam bahasa Belanda (maklum saya lulusan sastra belanda dan kerja di sekolah belanda)
  4. halaman empat: kolase cake ulang tahun

kue ulang tahun ini saya gambar sendiri dengan cat air. kemudian setelah kering saya gunting dan saya laminating. backgroundnya adalah kertas origami serta saya tambahkan kancing untuk hiasan kuenya sebagai pemanis


 scrapbook ulang tahun ini saya beri judul #23bdayproject. nah project pertama adalah ucapan saya. daripada menggunakan kata 'pacar' atau 'girlfriend' saya menggunakan kata dalam bahasa Korea : 여자 친구 /yeoja chingu/ . kemudian halaman berikutnya fotobox saya serta nametag nama saya semasa SMA dulu. background foto saya pakai paper block

kedua, adalah wishes sama ucapan saya. untuk ucapannya saya ketik di Words kemudian di print di kertas spektra warna krem kemudian di tempel lagi di kertas samson


"a birthday is just the first day of another 365 day journey around the sun" quote yang saya gunakan sebagai pembuka dalam ucapan ulang tahun saya


setelah ucapan dari saya, maka selanjutnya ucapan dari temannya-temannya. semuanya teman kuliah dia. bagian ini saya beri judul hanya 'friends'. diseblahnya saya tempel foto-fotonya sama teman-teman sama gambar ucapan ulang tahun


 ini adalah ucapan-ucapan dari teman-teman Abi. Saya minta ucapan via Whatsapp/Line. ada dua bentuk cara pengucapan yang saya buat


keseluruhan sama, saya ketik ulang di Words kemudian saya print di kertas spektra warna krem cuman bedanya yang sebelah kiri adalah teman-teman kampus biasa jadi saya gunting ucapannnya perkalimat sedangkan yang kanan dari sahabat karib Abi, tulisannya saya buat dengan bentuk2 dan insert text serta ditambahkan kertas origami
untuk nama-nama temannya saya buat di photoshop dengan membuat picture text kemudian saya print dan tempel...


kalau yang ini saya beri judul 'dit-ben-ik : samenvatting', artinya 'all about me:summary' secara singkat kumpulan foto ini menggambarkan Abi

  1. Abi adalah penggemar kapal Titanic (bukan filmnya), bahkan kado utama yang saya kasih bukan scrapbook malah kapal rakitan Titanic. bahkan abi setelah liat foto-foto ini semakin seneng karena foto kapal titanic ini bagus-bagus
  2. Kebetulan abi adalah lulusan Arkeologi, UI which is kalau di kampus arkeo selalu diasosiasikan dengan candi thats why ada gambar candi
  3. He's a huge fan of Song Ji Hyo. doi diem-diem juga penggemar Running man dan ngefans berat sama Ace Ji Hyo
  4. Cowok, pasti ngefans sama klub bola. kebetulan Abi pendukung MU dan salah satu pemain favoritnya adalah Paul Scholes.
sebenarnya ini bagus untuk scrapbook yang ingin dihadiahkan ke cowok karena simpel dan ga ribet


kebetulan saat Abi ulang tahun bertepatan dengan 200hari pacaran jadi saya sekalian meyertakan foto-foto berdua dari masa temenan, foto berdua kalau lagi di mobil nunggu macet atau lagi momen appaun :)




scrapbook ini juga ada foto-foto abi pas wisuda karena kemarin juga dia habis wisuda , sekalian hadian wisuda dari saya, momen-momen dia wisuda yang ada di foto-foto.


ini dia behind the scene #23bdayproject. supaya abi bisa juga langsung liat gimana isi percakapan waktu minta ucapan ulang tahun buat dia. kebetulan kebanyakan ucapan yang saya terima saya dapat dari temannya. jadi saya minta tolong salah satu teman Abi yaitu Ka Dims untuk minta ucapan ulang tahun kemudian ka dims mengirimkan foto-foto screen capturenya via email


kemudian fin atau the end, penutup dari scrapbook ulang tahun-2oohari-hadiah wisuda. saya tulis di paper block dengan menggunakan spidol hitam


paling akhir ada gambar cupcake yang digambar teman kossan saya dan quote 'dont stop until you proud'. cocok untuk ending scrapbook saya....
 Secara singkay beginilah saya menghias/mengisi scrapbooknya


setiap bagian memiliki 'halaman judul' . halaman judul ini dibuat dari karton hitam ukuran A5. tulisannya selalu diawali #23bdayproject dengan setiap bab memiliki cerita tersendiri. saya menulis dengan crayon minyak warna putih karena lebih tebal dibanding pensil warna atau marker putih


ini adalah kumpulan gambar-gambar yang saya edit-desain dulu di photoshop kemudian saya print dengan ukuran A5


ini tampak depan salah satu foto yang dicetak A5 dengan kertas khusus majalah (tekstur kertasnya) dengan belakangnya warna putih. sedangkan untuk poster-poster ucapan/quote .....

saya tempel dengan karto hitam agar lebih tebal

bagaimana? siapa tahu tutorial ini membantu teman-teman yang mau bikin scrapbook ulang tahun untk pacar. salah satu elemen untuk membuat scrapbook ini adalah kemampuan menggunakan photoshop, jadi agak susah kalau tidak biasa memakai photoshop... tapi tidak apa-apa selingan dan ide baru untuk membuat scrabook :)

MARI MEMBUAT SCRAPBOOK!!

You Might Also Like

7 comments

Subscribe