membuat scrapbook: paduan majalah dan quote

1/15/2013 10:41:00 PM

Halo semuanya! kali ini saya bakal share tips saat membuat scrapbook, entah itu scrapbook untuk pacar, scrapbook untuk sahabat-teman, atau scrapbook buat keluarga. biasanya saya share scrapbook yang pernah saya buat. namun pada kesempatan kali ini saya bakal share ide saya pas lagi isi-buat scrapbook.
kadang saya ngalamin yang namanya stuck! ga tahu mau isi apalagi, ide apalagi buat di scrapbook. saya ga nyerah gitu aja, ga diem nunggu inspirasi datang sendiri. untuk mengatasinya saya sering buka weheartit.com atau googling dengan keywoords: scrapbook tumblr . sama seperti kalo menggunakan tumblr, di We Heart It saya pakai keywoords: scrapbook, craft, creative atau art. disitu bakal keluar gambar-gambar yang memberikan ide buat scrapbook saya, tapi saya jarang melakukan ini baru akhir-akhir ini karena saya harus puter otak buat ide baru lagi.
salah satunya ini yang bakal saya share:


jadi ide-nya adalah membuat tulisan dari kertas di majalah terus ditempel di sebuah buku, kalau saya, saya mengubahnya sedikit. bukan diatas buku (karena scrapbook yang kita punya itu kosong-ga ada tulisan) jadi digunakanlah koran. kalau saya akan ganti kalimat: it will be ok in the morning  dengan kalimat ini: 100 percent in love with you. namun konsepnya sama, jadi kalian bisa searching dulu quote apa yang kalian taruh di scrapbook kalian. Cara membuatnya:




pertama-tama sebelum kita buat kita siapin dulu alat dan bahannya, yang kita butuhkan:
  1. Majalah bekas-Majalah yang udah ga kepake ( kalo saya lebih seneng ambil dari majalah go girl)
  2. kertas spektra (bisa karton atau apapun - intinya kertas yang kita gunakan buat scrapbook)
  3. koran bekas (pakai yang halaman sambungan karena isinya tulisan semua)
  4. gunting
  5. lem uhu
  6. penggaris & pulpen (pakai pulpen karena pasti kelihatan dibanding pensil)


    BAGIAN PERTAMA:
  1. Pertama yang kita kerjain adalah bagian koran dulu - layout dari quote
  2. Kedua kita ukur korannya dengan ukuran kertas spektra-ukuran kertas A4
  3. Ketiga koran digunting
  4. Keempat, lem kertas dengan lem uhu.
  5. voilaa! kertas pun menempel a.k.a menyatu



    BAGIAN KEDUA
  1. Pertama kita gambar huruf satu per satu di kertas majalahnya, sama kayak bikin surat kaleng ( surat kaleng kayak di sinetron-film ) disesuaikan ukuran agar sama semua huruf ukurannya sama.
  2. Kedua, gunting huruf yang udah kita gambar tadi, sesudah digunting taro di tempat agar ga ilang.
  3. kemudian dilem dan diatur posisi penempatan hurufnya!
VOILLAA
INI HASILNYA



Hasil yang saya buat, menurut saya kurang rapih. kenapa? karena menurut saya ukuran hurufnya agak kekecilan, coba lebih besar sedikit mungkin lebih bagus. nah kalo kalian buat sama kayak saya dan buku scrapbooknya dijilid ring, ini harus dibuat pertama kali supaya nanti bisa disisipi dan ikut dijilid juga agae rapih hasilnya :D 
Gak harus ukuran A4 tapi bisa juga A5. bebas sesuai pilihan. bisa juga kita buat untu pembatas binder juga. bisa kita kreasi sendiri



kalo teman-teman punya kertas origami motif seperti saya punya ini, bisa juga dipakai untuk alternatif ini. saya pake majalah bekas karena lebih warna-warni dan lebih kelihatan 'beda' aja. 
Selain itu, ini juga bisa untuk bentuk ucapan ulang tahun kalo kita bikin scrapbook ulang tahun, namun kalo yang tadi saya buat lebih ke scrapbook untuk anniversary.
Mari membuat scrapbook!! :D

You Might Also Like

0 comments

Subscribe